UA-145931898-1

Cara Memulai Berbisnis Kaos atau Distro

Comments · 371 Views

Selepas pandemi, rasanya berbagai tren mulai hidup kembali. Salah satunya adalah tren fashion khususnya kaos, yang mana makin banyak peminatnya berkat beragam desain menarik.

Dalam memulai bisnis kaos walau terbilang menguntungkan dan cukup mudah, namun rasanya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dalam bisnisnya. Yang mana persiapan-persiapan ini sangat penting untuk kamu memulai bisnis kaos ataupun distro milikmu sendiri.

Apa aja hal-hal yang perlu dilakukan? Yuk simak sekarang.

 

1. Tentukan Brand

Kamu perlu banget nih memikirkan dan membuat brand kaos milikmu sendiri. Karena di luar sana sudah banyak sekali brand kaos ataupun bisnis kaos yang bertebaran, baik mereka menjualnya di website pribadi, medsos, ataupun di e-commerce.

Adapun beberapa yang bisa jadi pembeda antara pemilik toko kaos yang satu dengan lainnya adalah Harga, Kualitas, Desain, dan Brand. Yang mana beberapa point tersebut perlu kamu perhitungkan dan rencanakan dengan matang.

Selain itu rasanya terkait harga, kualitas, dan desain merupakan hal yang mutlak, yang mana kustomer pastinya membeli dengan patokan yang sesuai dengan standar miliknya. Namun perihal Brand? terkadang variabel ini bisa menjadi pembeda, yang mana jika banyak orang sudah percaya akan brand kita, maka kamu pun juga bisa agak mengendurkan persaingan-persaingan di variabel lain misalnya di harga.

Jadi, udah tau kan pentingnya brand? Yak penting sekali!

 

2. Buat Logo 

Nah terkadang logo juga bisa termasuk menjadi aktivitas branding, yang mana dengan membuat logo yang menarik, berkualitas, dan mudah diingat, hal itu juga akan mendukung aktivitas branding dari produk milikmu.

Adapun dalam membuat logo, kamu dapat mencari referensi dari beberapa brand lain, baik di bidang yang sama ataupun di lintas bidang. Serta dalam pembuatan logo kamu pun bisa membuatnya di beberapa aplikasi baik itu di Correl, Adobe, maupun yang mudah dengan menggunakan canva.

 

3. Pelajari Bahan kain

Ini juga penting banget ketika kamu mau menjalankan bisnis kaos, yang mana tidak mungkin dong jika kamu berjualan tapi tidak hafal dan memahami jenis-jenis kain untuk kaos? hehe. Nanti kalau ada komplain dari cusomer yang ada bikin kamu stress sendiri hehe.

Nah saat ini terdapat beberapa jenis kain yang ditujukan untuk kaos, yang mana kamu bisa pilih berfokus untuk menggunakan jenis kain tertentu untuk produkmu. Adapun dengan memahami jenis kain ini nantinya dapat membuat kamu bisa membuat strategi harga yang tepat untuk produkmu, serta dapat menemukan distributor kaos yang cocok untuk bisnismu.

 

4. Cari dan Tentukan Supplier

Mencari dan menentukan supplier merupakan hal yang paling vital untuk bisnismu. Yang mana dalam memilh supplier atau distributor kamu harus memperhatikan beberapa hal terkait; harga, kualitas, pelayanan, kerjasama, jarak, dan sebagainya.

Untuk masalah ini, rasanya kamu tidak perlu khawatir terlalu berlebih. Karena saat ini sudah mulai terdapat beberapa distributor kaos polos yang profesional dan dengan memiliki harga yang bersaing, seperti halnya iTshirt.id. 

 

5. Tentukan Harga

Setelah menemukan dan mempersiapkan hal-hal tersebut, kamu rasanya sudah bisa berfokus terkait di strategi penjualan, yang salah satunya adalah strategi penentuan harga. 

Penentuan harga ini sebenarnya tidak bisa terbilang mudah, karena terkadang bagi beberapa brand, mereka perlu menjual barangnya dengan harga yang sangat murah untuk dapat laku di pasaran. Namun di sisi lain, terdapat pula banyak brand yang membuat kesan elegant dan limited, sehingga mampu menjual produknya dengan harga yang cukup tinggi.

Hal tersebut kembali kepada prioritas dari brand milikmu sendiri ya! apakah brand yang ingin kamu jalankan ingin melayani market dan konsumen yang besar dengan menggunakan harga yang rendah. Atau brand kamu ingin dipandang sebagai barang yang branded dengan menggunakan harga yang cukup tinggi.

 

Nah sekiranya sekian terkait beberapa tips untuk kamu dapat menjalankan bisnis kaos, kira-kira udah kebayang kan nanti bakal ngelakuin apa aja abis baca artikel ini?

Yaudah yuk mulai bisnis kaosnya dengan menghubungi supplier kaos iTshirt ID

 

-WK

Comments